Mau Bikin Merchandise? Ayoooo.. SMS aja! Tentukan Harga Sesukamu

Wisata Budaya

1. Pertunjukan gamelan


Gamelan adalah musik yang tercipta dari paduan bunyi gong, kenong dan alat musik Jawa lainnya. Irama musik yang lembut dan mencerminkan keselarasan hidup orang Jawa akan segera menyapa dan menenangkan jiwa begitu didengar.








2. Ramayana Ballet Purawisata


Ramayana Ballet Purawisata merupakan tempat untuk menyaksikan Sendratari Ramayana yang dipentaskan setiap hari tanpa henti sejak tahun 1976 dan telah mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).
Alamat :
Jl. Brigjen Katamso, Yogyakarta 55152 Indonesia






3. Ramayana Ballet


Sendratari Ramayana adalah seni pertunjukan yang cantik, mengagumkan dan sulit tertandingi. Pertunjukan ini mampu menyatukan ragam kesenian Jawa berupa tari, drama dan musik dalam satu panggung dan satu momentum untuk menyuguhkan kisah Ramayana, epos legendaris karya Walmiki yang ditulis dalam bahasa Sanskerta.








4. Pertunjukan Wayang Kulit

Seni pertunjukan yang telah berusia lebih dari lima abad. Membawa kisah Ramayana dan Mahabharata, pagelaran selama semalam suntuk ini menjadi ruang yang tepat untuk melewatkan malam, berefleksi dan memahami filosofi hidup Jawa.










5. Pasar Malam Perayaan Sekaten


Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) merupakan peringatan lahirnya Nabi Muhammad SAW, meningkatkan syiar Islam, sebagai wadah kegiatan bisnis warga, serta dan sebagai media promosi potensi Daerah  Kabupaten Kota Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekaten sendiri telah menjadi agenda tetap budaya pemerintah DIY yang rutin digelar setiap tahun. 







6. Lampah Bisu Mubeng Beteng


Ritual Lampah Bisu Mubeng Benteng dilaksanakan setiap malam 1 sura (kalender Jawa), sebagai ajang untuk refleksi diri di depan sang pencipta YOGYAKARTA - Ritual Lampah Bisu Mubeng Benteng merupakan tradisi asli masyarakat jawa yang berkembang sejak abad ke-6 sebelum muncul kerajaan Mataram-Hindu Tradisi Mubeng Benteng kemudian dilanjutkan pada masa kerajaan Mataram. 






7. Miyos Gongso


upacara Miyos Gongso digelar dalam serangkaian dengan kegiatan Sekaten, sementara dua perangkat gamelan Keraton yang diarak tersebut masing-masing gamelan memiliki nama tersendiri, yaitu Kyai Gunturmadu dan Kyai Nogowilogo.
Upacara Miyos Gongso yang digelar setahun sekali ini dihadiri ratusan bahkan ribuan masyarakat yang datang dari Yogyakarta dan sekitarnya, bahkan sebelum upacara dimulai warga sudah memadati di luar pagar Pagelaran Keraton Ngayogyakarto.





8. Kondor Gongso


Upacara Kondur Gongso merupakan prosesi kembalinya perangkat gamelan Kanjeng Kyai Guntur Madu dan Kanjeng Kyai Nogo Wilogo dari Pagongan halaman Masjid Agung ke Gedung Gongso Sri Manganti Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.  








9. Grebeg Keraton


Grebeg Keraton merupakan upacara adat di Daerah Istimewa Yogyakarta yang diadakan sebagai kewajiban sultan untuk menyebarkan serta melindungi agama Islam. Nama grebeg sendiri berasal dari peristiwa miyos atau keluarnya dari dalam istana bersama keluarga dan kerabatnya untuk memberikan gunungan kepada rakyatnya.